Devi, Sri (2025) Penanaman Nilai-Nilai Akhlak bagi Peserta Didik Melalui Pendidikan Islam di MTs Alkhairaat Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SRI DEVI.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SRI DEVI.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Penanaman nilai-nilai bagi peserta didik melalui pendidikan Islam di MTs Alkhairaat Ampibabo kabupaten parigi moutong” adapun pokok permasalahan dari penelitian skripsi ini yaitu : (1) Bagaimana Penanaman NilaiNilai Akhlak Peserta Didik di MTs Alkhairaat Ampibabo? (2) Apa bentuk-bentuk Nilai Akhlak yang di tanamkan ke Peserta Didik di MTs Alkhairaat Ampibabo? Metode penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penanaman nilai-nilai akhlak bagi peserta didik melalui pendidikan Islam di MTs Alkhairaat Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memahami proses penanaman akhlak dalam lingkungan madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai akhlak di madrasah dilakukan melalui pembelajaran terintegrasi, pembiasaan harian seperti bershalawat dan berjabat tangan, serta kegiatan ekstrakurikuler yang mendorong pengembangan disiplin, kerjasama, dan penghormatan. Guru berperan aktif dalam memberikan teladan dan bimbingan, sementara kepala sekolah mendukung melalui pengelolaan program akhlak secara sistematis. Kendala yang dihadapi meliputi kurangnya konsistensi dukungan orang tua, keterbatasan fasilitas, dan motivasi siswa yang bervariasi. Meskipun demikian, komitmen guru dan kepala sekolah dalam menerapkan strategi inovatif dan pendekatan personal berhasil meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi teoritis dalam menambah referensi metode penanaman nilai akhlak di lingkungan pendidikan Islam dan manfaat praktis bagi guru dalam mengembangkan program pembelajaran berbasis akhlak. Dengan demikian, penanaman nilai akhlak yang efektif memerlukan sinergi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat untuk menciptakan generasi muda yang berkarakter mulia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:05 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 07:05 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4601 |