Peran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran PAI Di SDN 2 Bukal Kecamatan Bukal Kabupaten Buol

Daimasundu, Sinta R. (2025) Peran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran PAI Di SDN 2 Bukal Kecamatan Bukal Kabupaten Buol. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of DOC-20250718-WA0022..pdf] Text
DOC-20250718-WA0022..pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti Peran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik Terhadap Mata pelajaran PAI di SDN 2 Bukal Kecamatan Bukal Kabupaten Buol. Fokus utama peneliti adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan pemahaman belajar peserta didik di SDN 2 Bukal Kecamatan Bukal Kabupaten Buol dalam memahami materi PAI dengan lebih baik serta upaya yang diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah dan guru PAI, serta dokumentasi terkait. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menjalankan perannya secara menyeluruh sebagai pendidik, pengajar, teladan, pembimbing, fasilitator, motivator, dan evaluator. Guru tidak hanya menyampaikan materi secara kognitif, tetapi juga menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui pembiasaan, seperti membaca doa, membaca Al-Qur’an, dan shalat berjamaah, serta melalui keteladanan sikap, seperti kejujuran, kesabaran, dan tanggung jawab. Keteladanan dan pembiasaan ini terbukti efektif dalam membentuk karakter dan meningkatkan pemahaman peserta didik secara utuh. Upaya guru dalam meningkatkan pemahaman tersebut diwujudkan melalui penerapan metode pembelajaran yang bervariasi, penggunaan media yang menarik, pendekatan personal, dan penguatan spiritual secara kontekstual. Dampaknya terlihat pada meningkatnya pemahaman peserta didik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta dalam penerapan nilai-nilai PAI dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam proses pembelajaran PAI tidak hanya berdampak pada hasil belajar peserta didik, tetapi juga memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan karakter dan akhlak mereka. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk lembaga pendidikan dan pemerintah untuk terus meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan yang relevan dan berkelanjutan. Hal ini penting agar kualitas pembelajaran PAI di SDN 2 Bukal dapat terus meningkat dan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 08 Sep 2025 07:15
Last Modified: 08 Sep 2025 07:15
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4604

Actions (login required)

View Item
View Item