Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Sosial Guru Bahasa Arab Di MA Muhammadiyah Lingadan Kecamatan Dako Pamean Kabupaten Toli-Toli

Khairiyah, Ummul (2022) Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Sosial Guru Bahasa Arab Di MA Muhammadiyah Lingadan Kecamatan Dako Pamean Kabupaten Toli-Toli. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of UMMUL KHAIRIYAH.pdf] Text
UMMUL KHAIRIYAH.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Sosial Guru Bahasa Arab di MA Muhammadiyah Lingadan Kecamatan Dako Pamean Kabupaten Toli-Toli dengan permasalahan 1) Bagaimana kompetensi sosial guru bahasa Arab di MA Muhammadiyah Lingadan Kecamatan Dako Pamean Kabupaten Toli-Toli. 2) Bagaimana Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Sosial Guru Bahasa Arab di MA Muhammadiyah Lingadan Kecamatan Dako Pamean Kabupaten Toli-Toli Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru bahasa Arab di MA Muhammdiyah Lingadan Kecamatan Dako Pamean Kabupaten Toli-Toli. Dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru bahasa Arab di MA Muhammdiyah Lingadan Kecamatan Dako Pamean Kabupaten Toli-Toli adalah guru bahasa Arab dalam proses pembelajaran meliputi beberapa hal yaitu guru bahasa Arab mampu memahami kesulitan yang dialami oleh peserta didik, mampu menumbuhkan rasa percaya diri kepada peserta didik dengan memotivasi dan memberikan nasihat, bertindak objektif serta tidak diskriminatif kepada peserta didik, menggunakan metode yang beragam dalam pembelajaran demi mengurangi rasa bosan pada peserta didik selama pembelajaran berlangsung, dan memiliki rasa empati serta simpati pada peserta didik. Dari kesimpulan yang diperoleh disarankan agar guru bahasa Arab mempertahankan dalam menjalankan perannya sebagai guru serta meningkatkan lagi kompetensi sosialnya melalui pelatihan dan penataran yang intens untuk membekali berbagai pengetahuan dan keterampilan yang mengarah pada penguasaan kompetensi sosial guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 08 Sep 2025 07:19
Last Modified: 08 Sep 2025 07:19
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4608

Actions (login required)

View Item
View Item