Halizah, Nur (2025) Implementasi Media Smart TV Pada Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Peserta Didik Di MTs Alkhairaat Pusat Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI ALIYA SAH-1.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ALIYA SAH-1.pdf
Download (5MB)
Abstract
Skripsi ini membahas perkembangan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, dengan fokus pada penggunaan media smart TV dalam meningkatkan minat belajar pada peserta didik di MTs Alkhairaat Pusat Palu dengan rumusan masalah sebagai berikut: pertama, bagaimana implementasi media smart tv pada pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan minat belajar pada peserta didik di MTs Alkhairaat Pusat Palu. Kedua, bagaimana tingkat minat belajar pada implementasi media smart TV dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Alkhairaat Pusat Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, yang memungkinkan peneliti untuk mengamati secara mendalam interaksi peserta didik dengan media pembelajaran yang disediakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media smart TV dilakukan dengan tiga tahapan. Tahap pertama yaitu tahap perencanaan, tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan, dan tahap ketiga yaitu tahap evaluasi. Meskipun dalam implementasi masih terdapat beberapa hambatan, penggunaan media smart TV tetap memberikan kontribusi positif dan tidak menjadi kendala utama. Kemudian tingkat minat belajar dari implementasi media smart TV dengan menampilkan video pembelajaran yang diambil dari YouTube, memberikan pengaruh terhadap kecenderungan minat belajar peserta didik yang semakin positif, yang mana hal ini dapat dilihat dari indikator tingkat minat yang sesuai dengan respon peserta didik saat kegiatan belajar berlangsung. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman tentang efektivitas media smart TV dalam pembelajaran bahasa Arab, serta implikasinya bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih inovatif dan menarik di madrasah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dan pengelola pendidikan dalam merancang kurikulum yang lebih responsif terhadap kebutuhan peserta didik di era digital ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 05:34 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 05:34 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4617 |