Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Al-Istiqomah Lasoani

Febriani, Febriani (2025) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Al-Istiqomah Lasoani. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Skripsi Febriani.pdf] Text
Skripsi Febriani.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemilihan media pembelajaran merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan suatu proses pembelajaran. Selain itu, pemilihan media pembelajaran yang baik akan menghasilkan proses pembelajaran menjadi mudah dan menarik perhatian peserta didik salah satunya melalui penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik. Penelitian skripsi ini membahas tentang bagaimana Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar melalui penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata Pelajaran akidah akhlak di MTs Al-Istiqomah Lasoani. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Kemudian Teknik analisis datanya mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak pada kelas IXA di MTs AlIstiqomah Lasoani dikatakan sudah efektif dan layak karena dari segi Langkahlangkah pembelajarannya sudah tertata dengan baik sesuai dengan tahapannya yakni kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Upaya yang dilakukan mulai dari memberikan motivasi kepada peserta didik, memusatkan jiwa peserta didik dalam materi pembelajaran, menggunakan Teknik dan metode pembelajaran yang bervariasi serta menggunakan LKPD sebagai penunjang dalam meningkatan minat belajar peserta didik. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yaitu Adanya motivasi belajar dari dalam diri peserta didik dan keikhlasan serta kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran sedangkan faktor penghambatnya yakni Walimurid yang kurang bekerjasama dengan guru serta fokus dan perhatian peserta didik dalam pembelajaran juga masih kurang. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa Upaya yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam memilih media dan sumber belajar untuk meningkatkan minat belajar peserta didik telah terlaksana dengan baik karena telah menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan suatu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 11 Sep 2025 05:38
Last Modified: 11 Sep 2025 05:38
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4618

Actions (login required)

View Item
View Item