Safia, Safia (2025) Penerapan Metode Sosiodrama dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Alkhairaat Biromaru. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SAFIA.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SAFIA.pdf
Download (7MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul tentang “Penerapan Metode Sosiodrama dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Alkhairaat Biromaru”. Penelitian ini berfokus pada (1) Bagaimana penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Biromaru Kab. Sigi. (2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik melalui metode sosiodrama dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Biromaru Kab. Sigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Biromaru Kabupaten Sigi yaitu: a) Tahap perencanaan, guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik, serta materi akhlak terpuji yang dapat diperankan melalui skenario. b) Tahap pelaksanaan, guru membimbing peserta didik dalam memahami materi, membentuk kelompok, menyusun skenario, dan melakukan peran di kelas secara aktif dan terarah untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. c) Tahap evaluasi, guru menilai tidak hanya performa peserta didik dalam bermain peran, tetapi juga pemahaman nilai-nilai akhlak, sikap kerja sama, dan refleksi pribadi melalui diskusi dan penilaian tertulis. 2. Motivasi belajar peserta didik melalui metode sosiodrama dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Biromaru Kab. Sigi yaitu: a) Adanya kegiatan pembelajaran yang menarik melalui metode sosiodrama membuat peserta didik lebih antusias, tidak cepat bosan, dan aktif dalam proses belajar. b) Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar mendorong peserta didik untuk bekerja sama, percaya diri, serta merasa dibutuhkan dalam kelompok. c) Adanya keinginan kuat untuk berhasil, sehingga mereka serius dalam mempersiapkan peran, memahami materi, dan mengaplikasikan nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi penelitian ini adalah guru perlu menjadikan sosiodrama sebagai salah satu strategi utama dalam pembelajaran nilai-nilai keagamaan agar pembelajaran menjadi lebih kontekstual, hidup, dan menyenangkan. Lembaga pendidikan diharapkan memberikan dukungan penuh dalam penyediaan sarana, waktu, dan ruang kreatif bagi guru dan peserta didik untuk mengimplementasikan metode ini secara optimal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 05:46 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 05:46 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4620 |