Analisis Soal Tes Pilihan Ganda Level Hots Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MTs Politani Maccirinnae Kecamatan Tikke Kabupaten Pasangkayu

Ardiana, Ardiana (2023) Analisis Soal Tes Pilihan Ganda Level Hots Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MTs Politani Maccirinnae Kecamatan Tikke Kabupaten Pasangkayu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI AKHIR ARDIANA ANG 18.pdf] Text
SKRIPSI AKHIR ARDIANA ANG 18.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Soal Tes Pilihan Ganda Level HOTS Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Politani Maccirinnae Kecamatan Tikke Kabupaten Pasangkayu. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana kualitas soal tes pilihan ganda level HOTS pada mata pelajaran bahasa Arab di MTs Politani Maccirinnae Kecamatan Tikke Kabupaten Pasangkayu dan bagaimana hasil evaluasi terhadap level HOTS pada mata pelajaran bahasa Arab Di MTs Politani Maccirinnae Kecamatan Tikke Kabupaten Pasangkayu. Berdasarkan analisis butir soal secara keseluruhan hasil analisis butir soal HOTS pada mata pelajaran bahasa Arab di MTs Politani Maccirinnae Tikke tahun pelajaran 2021/2022 menunjukkan kualitas butir soal yang belum ideal, penulis berasumsi bahwa hal ini disebabkan oleh sebagian besar kemampuan peserta didik yang masih rendah. Kemampuan peserta didik yang rendah tersebut mengakibatkan soal yang mudah pun bisa dianggap sulit oleh peserta didik tersebut. Hasil evaluasi peserta didik terhadap soal tes pilihan ganda level HOTS pada pelajaran bahasa Arab di MTs Politani Maccirinnae Tikke semester gasal pada tahun ajaran 2021/2022 baik karena berdarkan hasil ujian peserta didik yang mengalami peningkatan. dan yang hanya cenderung mengingat saja akan kecil kemungkinan peserta didik dapat memecahkan suatu permasalahan dan hal yang baru. Sehingga, sangat diperlukan guru untuk memperhatikan ranah kongnitif yang diperlukan dalam pembuatan soal-soal penilaian nanti. Karena soal-soal yang baik akan bedampak positif terhadap minat peserta didik terhadap soal tes pilihan ganda level HOTS. Kesimpulan dari hasil penelitian difokuskan dengan dua rumusan masalah kemudian tujuan dan metode. Yaitu kualitas soal tes pilihan ganda HOTS pada setiap mata pelajaran sangat lah penting terutama dalam pelajaran bahasa Arab. Pendidikan mempunyai kewajiban untuk mengetahui seberapa banyak materi yang telah diajarkan mampu dikuasai peserta didik kemuduan hasil eveluasi peserta didik terhadap soal tes pilihan ganda level HOTS pada pelajaran bahasa Arab di MTs Politani Maccirinnae Tikke semester gasal pada tahun ajaran 2021/2022 masih kurang efektif karna masih kurang dalam penerapat soal HOTS sebelumnya dan hal ini akan berdampak pada perkembangan peserta didik. Implikasi dari penelitian ini yaitu agar guru lebih memilih kualitas soal yang sesuai dengan kemampuan peserta didik serta melatih peserta didik untuk mengerjakan soal pilihan ganda. Dan untuk peserta didik diharapkan agar lebih giat lagi belajar, perhatikan baik-baik apa yang disampaikan guru kalau perlu apa yang didapatkan di sekolah agar dipelajari kembali dirumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 11 Sep 2025 05:44
Last Modified: 11 Sep 2025 05:44
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4621

Actions (login required)

View Item
View Item