Vilda, Vilda (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Peseta Didik di SMP Negeri 1 Sirenja. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of Gabungan Skripsii Vilda.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Gabungan Skripsii Vilda.pdf
Download (6MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an pada Peserta Didik di SMP Negeri 1 Sirenja”. Dalam skripsi ini diangkat permasalahan, yaitu bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca AlQur’an pada peserta didik di SMP Negeri 1 Sirenja? Dan apa saja faktor pendukung serta faktor penghambat keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara mendalam dengan guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data dengan menggunakan triangulasi teknik untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam memegang peran sentral dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an dengan menerapkan penggunaan media pembelajaran menggunakan buku Iqro dan pendekatan motivasi religius. Faktor pendukung keberhasilan pembelajaran mencakup dukungan orang tua, metode pembelajaran yang variatif, serta pemanfaatan media dan teknologi, meskipun penggunaan teknologi masih terbatas. Faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu pembelajaran di sekolah, belum tersedianya pelatihan khusus pengajaran membaca Al-Qur’an, dan keterbatasan sarana serta media pembelajaran. Implikasi teoretis dari penelitian ini mendukung pentingnya peran guru sebagai fasilitator yang menerapkan strategi pembelajaran yang variatif dan memanfaatkan dukungan lingkungan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Implikasi praktisnya, penelitian ini mendorong peningkatan alokasi waktu pembelajaran, pengembangan kompetensi guru melalui pelatihan khusus, serta penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai. Selain itu, keterlibatan aktif orang tua juga sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan pembelajaran membaca Al-Qur’an di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 05:51 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 05:51 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4623 |