Permatasari, Devitrie (2025) Pelaksanaan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di SDN 1 Palu Kecamatan Palu Timur Kelurahan Lolu Utara. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI_merged.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_merged.pdf
Download (4MB)
Abstract
Kegiatan bimbingan belajar adalah bantuan yang diberikan kepada peserta didik oleh guru yang memiliki keahlian dalam mendukung proses belajar untuk membantu peserta didik dalam mengatasi masalah yang muncul dalam pembelajaran mereka.. Berkenaan dengan hal tersebut, maka uraian dalam skripsi ini berangkat dari masalah: 1) Bagaimana proses guru memberikan bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV di SDN 1 Palu Kecamatan Palu Timur Kelurahan Lolu Utara? 2) Bagaimana dampak pelaksanaan bimbingan belajar terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik?. 3) Apa saja yang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan bimbingan belajar yang dirasakan oleh guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV di SDN 1 Palu Kecamatan Palu Timur Kelurahan Lolu Utara? Metode penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, kemudian melakukan wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) guru kelas mencari tahu masalah yang dihadapi oleh peserta didik, kedua guru kelas mengambil tindakan dengan cara memberikan bimbingan belajar, ketiga guru kelas melakukan bimbingan belajar di waktu istirahat dan waktu pulang sekolah. Keempat guru kelas memulai bimbingan belajar. kelima guru kelas memberikan soal untuk mengetes bagaimana pemahaman peserta didik. Pelaksanaan bimbingan belajar di kelas IV dilakukan secara bertahap sampai dimana peserta didik ada peningkatan dalam belajar. 2) pelaksanaan bimbingan belajar sangatlah berdampak bagi presta didik yang mengelami penurunan prestasi belajar. 3) Faktor penghambat yang dirasakan guru dalam memberikan bimbingan belajar kepada peserta didik yaitu, faktor internal yang berasal dari pserta didik yang kurang motivasi dan semangat belajar, peserta didik yang capek dan bosan dalam belajar serta faktor eksternal berasal dari kurangnya dukungan dari keluarga orang tua yang kurang perhatian kepada anaknya dan orang tua yang harus menjemput cepat anaknya pulang, waktu pemberian bimbingan belajar yang kurang kondusif. Solusi dari faktor penghambat yang di rasakan oleh guru yaitu guru memberikan motivasi belajar dan guru harus memberikan informasi kepada orang tua ketika anaknya ingin melakukan bimbingan belajar. Implikasi dari penelitian ini, digunakan sebagai wawasan dan informasi terkait pentingnya pemberian bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 01:05 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 01:05 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4626 |