Aningsi, Suci (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kedisiplinan Pegawai, dan Fasilitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Kantor Desa Pulau Enam Kecamatan Togean Kabupaten Tojo Una-Una). Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SUCI ANINGSI (1).pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SUCI ANINGSI (1).pdf
Download (4MB)
Abstract
Pelayanan publik ditingkat desa menjadi fondasi penting dalam menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Kantor Desa Pulau Enam sebagai salah satu penyedia layanan publik kerap mendapatkan keluhan masyarakat mengenai kualitas pelayanan yang belum optimal kedisiplinan pegawai yang rendah, serta fasilitas pelayanan yang kurang memdai. Hal ini mendorong pentingnya dilakukan penelitian untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan, kedisiplinan pegawai, dan fasilitas terhadap kepuasan masyarakat. berkenan dengan hal tersebut, maka uaraian dalam skripsi ini berangkat dari masalah 1. Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat? 2. Apakah kedisiplinana pegawai berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat? 3. Apakah fasilitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat? 4. Apakah ketiga variabel tersebut secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi R2 Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan, kedisiplinan pegawai, dan fasilitas pelayanan memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap kepuasan masyarakat. secara simultan, ketiga variabel tersebut memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap tingkat kepuasan masyarakat dengan nilai determinasi sebesar 95,3%. diantara ketiganya, fasilitas pelayanan memiliki pengaruh paling dominan dengan kontribusi sebesar 42,4%, diikuti oleh kedisiplinan pegawai sebesar 30,7% Implikasi dari penelitian ini menunjukan bahwa kantor desa perlu meningkatkan kualitas pelayanan melalui pelayanan yang cepat, tepat, ramah, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. selain itu, kedisiplinan pegawai perlu ditingkatkan dan dijadikan budaya kerja yang konsisten. fasilitas penunjang pelayanan perlu diperhatikan dan ditingkatkan agar kenyamanan masyarakat dalam mengakses layanan dapat terjaga sehingga kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Economy & Business > Islamic Business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 01:10 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 01:10 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4630 |