Manajemen Kurikulum di Pondok Pesantren Salafiyah (PPS) Ulya Anwarul Qur’an Kota Palu

Syaiful, Syaiful (2024) Manajemen Kurikulum di Pondok Pesantren Salafiyah (PPS) Ulya Anwarul Qur’an Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Syaiful Skripsi 2025.pdf] Text
Syaiful Skripsi 2025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum di Pondok Pesantren Salafiyah (PPS) Ulya Anwarul Qur’an Kota Palu, dengan menekankan pada empat fungsi utama manajemen pendidikan: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Pondok Pesantren ini merupakan lembaga pendidikan non-formal yang mengintegrasikan antara pendidikan tahfiz al-Qur’an, kajian kitab, literasi, pengembangan bahasa asing, dan keterampilan hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara kepada pimpinan pesantren, kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, guru, serta santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di PPS Ulya dirancang secara integratif dan kontekstual sesuai dengan visi pesantren, yakni mencetak generasi Qur’ani yang berorientasi sosial, ekologi, dan kewirausahaan. Proses perencanaan disusun secara kolaboratif, pengorganisasian dilakukan dengan struktur yang jelas, pelaksanaan kurikulum menekankan keseimbangan antara aspek religius dan keterampilan, serta evaluasi dilaksanakan secara rutin dan komprehensif. Adapun faktor pendukung utama adalah komitmen guru dan fasilitas pesantren, sementara hambatannya terletak pada keterbatasan dana, tenaga pendidik, dan sarana praktik keterampilan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan manajemen SDM dan peningkatan sarana untuk mendukung program keterampilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Pondok Pesantren, PPS Ulya, Tahfiz, Literasi, Proyek Keterampilan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 12 Sep 2025 01:17
Last Modified: 12 Sep 2025 01:17
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4632

Actions (login required)

View Item
View Item