Penerapan Metode Drill (Latihan) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di SDN Ogomegang Kec. Ongka Malino Kab. Parigi Moutong

Oktaviana, Anisa Dwi (2018) Penerapan Metode Drill (Latihan) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di SDN Ogomegang Kec. Ongka Malino Kab. Parigi Moutong. Diploma thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of SKRIPSI-ANISA_DWI_OKTAVIANA-141040031.pdf] Text
SKRIPSI-ANISA_DWI_OKTAVIANA-141040031.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya penerapan metode drill (latihan) pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Adapun langkah-langkah yang ditempuh oleh guru dalam penerapan metode drill (latihan) yaitu meliputi 1) tahap persiapan 2) tahap
penyajian 3) tahap pelaksanaan. Implikasi penerapan metode drill (latihan) antara lain: hasil belajar meningkat, siswa terbiasa melaksanakan latihan, siswa lebih aktif dan siswa benar-benar memahami apa yang disampaikan guru. Adapun
kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan metode latihan pada mata pelajaran matematika di SDN Ogomegang, antara lain: (a) kurangnya tingkat konsentrasi siswa (b) tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda c) menimbulkan kebosanan. Adapun solusi dari kendala yang dihadapi dalam penerapan metode latihan pada mata pelajaran Matematika antara lain: (a) guru memberikan motivasi, (b) guru melakukan evaluasi dari setiap latihan yang diberikan, (c) guru memberikan pujian baik terhadap siswa yang berhasil mengerjakan soal latihan, (d) guru melakukan pendekatan terhadap siswa yang
kurang memperhatikan pelajaran agar siswa merasa diperhatikan. (e) Selalu menanyakan keadaan atau kondisi siswa (f) guru mengarahkan siswa dalam proses latihan sehingga siswa dapat mengingat apa yang disampaikan oleh guru, (g) sebagai guru jangan terlalu menekan siswa untuk memahami apa yang kita jelaskan. (h). ketika ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menyerap materi guru segera meneliti sebab-sebab yang menimbulkan kesulitan tersebut, (i) guru memberikan penjelasan-penjelasan, yang baik ketika ada siswa yang mengerjakan soal latihan yang betul maupun latihan yang salah, (j) guru memberikan kata-kata atau kalimat yang mudah di pahami siswa dalam latihan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Abu Bakri
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:22
Last Modified: 23 Jul 2025 04:22
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item
View Item