Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SD Islam Terpadu Insan Gemilang Sigi

Hartika, Rindi (2025) Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SD Islam Terpadu Insan Gemilang Sigi. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Rindi Hartika.pdf] Text
Rindi Hartika.pdf

Download (9MB)

Abstract

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran bahasa Arab terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh guru seperti fasilitas yang memadai, persiapan yang matang, dan ketepatan materi. Aplikasi awal Kahoot menghadapi tantangan berupa kesiapan guru yang kurang memadai dan keterbatasan perangkat keras serta gangguan jaringan internet. Peserta didik juga mengalami hambatan konektivitas internet, kekurangan perangkat, gangguan selama permainan, serta kesulitan dalam
menjawab pertanyaan karena waktu yang terbatas. Beberapa peserta didik bahkan mengakses situs lain, seperti YouTube, sebelum instruksi guru. Selanjutnya Kahoot berperan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Islam Terpadu Insan Gemilang Sigi, disebabkan oleh beragam fitur menarik, seperti desain soal, jawaban berwarna, musik, tampilan juara, karakter pemain yang lucu, serta gambar atau video yang menarik, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 22 Sep 2025 06:25
Last Modified: 22 Sep 2025 06:25
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4657

Actions (login required)

View Item
View Item