Strategi Komunikasi Persuasif Halal Lifestyle dalam Meningkatkan Minat Beli Produk Kosmetik RK Glow di Kota Palu

Nurhikmah, Nurhikmah (2025) Strategi Komunikasi Persuasif Halal Lifestyle dalam Meningkatkan Minat Beli Produk Kosmetik RK Glow di Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI NURHIKMAH-2 (1).pdf] Text
SKRIPSI NURHIKMAH-2 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Persuasif Halal Lifestyle dalam Meningkatkan Minat Beli Produk Kosmetik RK Glow Di Kota Palu”. Pokok permasalahan dari skripsi ini adalah bagaimana strategi komunikasi persuasif halal
lifestyle dalam meningkatkan minat beli, apa saja faktor pendukung dan penghambat serta bagaimana peran media sosial terhadap strategi komunikasi persuasif halal lifestyle dalam meningkatkan minat beli. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi
partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yang terdiri atas tiga tahapan utama, yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasif halal lifestyle yang diterapkan oleh pemasar RK Glow di Kota Palu dilakukan dengan menonjolkan nilai halal lifestyle, keamanan, dan legalitas produk. Strategi disampaikan melalui pendekatan langsung oleh agen, testimoni pelanggan, serta promosi melalui media sosial yang teratur dan menarik perhatian konsumen. Faktor yang mendukung keberhasilan strategi ini adalah adanya sertifikasi halal yang transparan, loyalitas agen, serta meningkatnya kesadaran konsumen terhadap pentingnya produk halal. Sedangkan hambatannya meliputi persaingan dari produk
lain dan munculnya isu label halal palsu yang dapat memengaruhi kepercayaan konsumen. Sedangkan peran media sosial berperan penting dan sebagai sarana utama dalam menyampaikan pesan persuasif yang efektif dan menjangkau audiens secara luas. Hal ini didukung dengan adanya platform media sosial seperti Facebook, Instagram maupun Whatsapp. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasif halal lifestyle menekankan pada sertifikasi halal, edukasi konsumen dan optimalisasi media sosial serta menjaga kredibilitas dan kualitas produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Social Sciences > Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab & dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 22 Sep 2025 07:26
Last Modified: 22 Sep 2025 07:26
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4718

Actions (login required)

View Item
View Item