Kerjasama Antara Orang Tua dan Guru PAI dalam Penguatan Hafalan Surah-Surah Pendek Bagi Peserta Didik di SDN 29 Banawa Selatan Kabupaten Donggala

Hijriah, Hijriah (2025) Kerjasama Antara Orang Tua dan Guru PAI dalam Penguatan Hafalan Surah-Surah Pendek Bagi Peserta Didik di SDN 29 Banawa Selatan Kabupaten Donggala. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI HIJRIA (1).pdf] Text
SKRIPSI HIJRIA (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Bnetuk kerjasama orang tua dan guru PAI dalam penguatan hafalan surah-surah pendek di SDN 29 Banawa Selatan menunjukan perhatian kepada peserta didik untuk mencapai tujuan yang diinginkan melalui penguatan hafalan surah-surah pendek dengan baik dan benar
serta adanya kunjungan guru ke rumah orang tua Peserta Didik kemudian dilakukannya surat menyurat untuk membahas kerjasama antara orang tua dan guru dalam pembinaan kemampuan menghafal surah-surah pendek. 2. Strategi yang
dilakukan oleh orang tua dan guru PAI untuk mendukung penguatan hafalan surah�surah pendek di SDN 29 Banawa Selatan yaitu orang tua dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi penguatan hafalan. Guru memberikan panduan di sekolah, sementara orang tua mendukung praktik hafalan di rumah. Guru dan orang tua menetapkan waktu khusus untuk hafalan, baik di sekolah maupun di rumah. Rutinitas ini membantu anak membangun kebiasaan konsisten dalam menghafal. 3. Faktor pendukung dan penghambat dalam kerjasama yang dilakukan orang tua dan guru yaitu faktor
pendukung yaitu memasukan anak mereka untuk mengaji di TPA Dusun Marale. Sedangkan faktor penghambat yaitu sebagian anak belum terlalu lancar dalam menghafalkan surah-surah pendek karena disebabkan faktor waktu orang tua kurang di rumah dan handphone

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 22 Sep 2025 07:37
Last Modified: 22 Sep 2025 07:37
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4735

Actions (login required)

View Item
View Item