Febrianti, Nurul (2025) Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of TESIS NURUL FEBRIANTI.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS NURUL FEBRIANTI.pdf
Download (17MB)
Abstract
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, bentuk nilai-nilai pendidikan multikultural yang diterapkan dalam proses integrasi dalam pembelajaran PAI dan Budi pekerti delapan nilai yang diintegrasikan di SMA Negeri 3 Palu yaitu nilai inklusif, nilai humanis, nilai toleransi, nilai keadilan, nilai tolong menolong, nilai persaudaraan, nilai demokrasi dan nilai tanggung jawab. Kedua, pelaksanaan integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dilakukan dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Ketiga, Dampak integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti hasil penelitian menunjukkan bahwa seperti nilai toleransi, saling menghargai dan keadilan memberikan pengaruh positif terhadap perilaku peserta didik. Peserta didik menjadi lebih terbuka terhadap perbedaan,
menunjukkan sikap saling menghormati dan mampu menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Post Graduate > Magister Islamic Education |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:00 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:00 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4748 |