Ulfa, Andi Nahdah (2023) Implementasi Metode Ceramah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI ANDI NAHDAH ULFA.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ANDI NAHDAH ULFA.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode ceramah dalam pembelajaran Fiqih pada dasarnya sudah lama digunakan di MIN 1 Kota Palu, adapun dari segi penerapanya yaitu bagaimana guru menyampaikan pembelajaran fiqih yang sering menggunakan metode ceramah itu karena secara umum dianggap tidak menarik bagi peserta didik. Namun, meskipun guru sering menggunakan metode ceramah tetapi siswa masih bersemangat selama belajar fiqih karena ketika guru menggunakan metode ceramah sering dikombinasikan dengan metode lain seperti metode diskusi dan tanya jawab. Adapaun beberapa faktor penghambat yang menjadi kendala atau masalah guru dalam proses pembelajaran
yaitu peserta didik yang selalu ribut dan tidak tertib dan terkadang kurangnya rasa perhatian murid dikarenakan rasa mengantuk dan bosan. Jadi seorang guru sangatlah penting memiliki berbagi macam kompetensi terutama kompetensi
profesional. Kompotensi ini sangat penting untuk menunjang lancarnya proses pembelajaran, serta pengetahuan serta penguasaan metode dan model pembelajaran serta kemampuan mengaplikasikanya. Jadi kita sebagai pendidik harus dapat bisa mengeuasai kelas dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Abu Bakri |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 05:58 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 05:58 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4757 |