Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak Melalui Metode Bercerita Pada TK Islam Terpadu Anak Mandiri Palu

Andriani, Andriani (2024) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak Melalui Metode Bercerita Pada TK Islam Terpadu Anak Mandiri Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI ANDRIANI PIAUD.pdf] Text
SKRIPSI ANDRIANI PIAUD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: peran guru dalam meningkatkan kemampuan anak melalui metode bercerita yaitu guru juga di tuntun untuk mengarahkan anak dalam mengembangkan potensi dirinya sehingga anak dapat membngun karakter baik bagi dirinya serta pemahaman anak melalui proses belajar. Melalui cerita, anak-anak akan muda memahami sifat-sifat mana yang baik dan mana yang buruk sehingga diharapkan mereka akan meneladani karakter-karakter yang positif pada cerita yang disampaikan guru. Faktor penghambat: waktu pembelajaran kurang kondusif, problem guru mengenai metode bercerita adalah waktu yang sangat sedikit padahal melihat kemampuan anak yang berbeda sehingga memerlukan waktu yang banyak dalam membenahi kegiatan belajar anak. Suasana dalam kelas, guru dalam mendidik anak disekolah permasalahan yang dihadapi yaitu gaya belajar anak yang kebiasaanya susah diatur pada saat belajar sehingga
guru sulit untuk mengajak anak-anak mendengarkan cerita dongeng yang diceritakan guru Faktor pendukung, Sebelum guru masuk ke dalam kelas terlebih dahulu harus menyiapkan alat peraga yang sesuai dengan isi cerita dongeng karena dengan alat peraga dapat menarik perhatian anak dalam mendengarkan isi cerita
yang diceritakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Abu Bakri
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:03
Last Modified: 30 Jul 2025 06:03
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4759

Actions (login required)

View Item
View Item