Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Di Kelas VIII B MTs Alkhairaat Pusat Palu

Mujahida, Anni (2024) Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Di Kelas VIII B MTs Alkhairaat Pusat Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI ANNI MUJAHIDA.pdf] Text
SKRIPSI ANNI MUJAHIDA.pdf

Download (10MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) telah terlaksana di kelas VIII B MTs Alkhairaat Pusat Palu yaitu menggunakan strategi langsung. Penggunaan
strategi langsung dengan cara 1) guru memberikan materi kepada peserta didik secara langsung 2) memberikan tugas 3) melakukan tanya jawab dengan peserta didik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran kooperatif (coopertaive learning) dengan cara 1) menyampaikan tujuan pembelajaran 2) guru mengaplikasikan materi 3) membimbing kelompok belajar 4) mengevaluasi hasil belajar 5) menghargai peserta didik dengan memberikan pujian. Adapun faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru bahasa Arab dalam menerapkan
model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) di kelas VIII B MTs Alkhairaat Pusat Palu. faktor pendukung 1) Hubungan interkasi guru dan peserta didik 2) penggunaan media 3) kemampuan guru mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif (cooperatibve learning) 4) fasilitas pembelajaran, faktor penghambat 1) waktu proses pembelajaran bahasa Arab 2) sikap peserta didik 3) keaktifan peserta didik 4) membuat kelompok belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Abu Bakri
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:23
Last Modified: 30 Jul 2025 06:23
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4765

Actions (login required)

View Item
View Item