Efektivitas Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTs Al-Istiqomah Lasoani

Puspita, Dewi (2024) Efektivitas Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTs Al-Istiqomah Lasoani. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI DEWI PUSPITA.pdf] Text
SKRIPSI DEWI PUSPITA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas komunikasi guru pendidikan agama islam di M.Ts Al-Istiqomah Lasoani memiliki peranan dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam yakni dalam penyampaian materi yang disampaikan oleh guru pendidikan agama islam, peserta didik mampu memahaminya baik dalam hal strategi pembelajaran yang digunakan dan pemanfaatan sarana dan prasarana sudah cukup baik. Faktor pendukung komunikasi guru terhadap tingkat pemahaman siswa M.Ts Al-Istiqomah yaitu penampilan yang menarik, intonasi
yang baik, bahasa tubuh yang wajar, percaya diri, senyum, gerakan tangan yang mendukung, media komunikasi tidak bermasalah, kesamaan bahasa, empati yang baik, dan suasana lingkungan yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat
komunikasi guru pendidikan agama islam terhadap tingkat mengalami hambatan hambatan yaitu dalam hal manajemen waktu dan masih adanya peserta didik yang memiliki daya tangkap yang kurang sebab di dalam kelas setiap siswa mempunyai karakter dan daya tangkap yang berbeda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abu Bakri
Date Deposited: 01 Aug 2025 06:50
Last Modified: 01 Aug 2025 06:50
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4801

Actions (login required)

View Item
View Item