Penerapan Program Hafalan Asma’ul Husna dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik di SD Islam Terpadu Al-Fatih Sigi Biromaru

Khotimah, Khusnul (2025) Penerapan Program Hafalan Asma’ul Husna dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik di SD Islam Terpadu Al-Fatih Sigi Biromaru. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Khusnul Khotimah. 211010058. Prodi PAI. (1).pdf] Text
Khusnul Khotimah. 211010058. Prodi PAI. (1).pdf

Download (16MB)

Abstract

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan program hafalan Asma’ul Husna di SD Islam Terpadu Al-Fatih Sigi Biromaru telah berjalan dengan baik mulai dari fase A, B dan C yautu mulai kelas I sampai kelas V. Proses penerapannya dilaksanakan di pagi hari mulai pukul 07.15 WITA sampai 07.45 WITA. Penerapan program hafalan Asma’ul Husna memberikan dampak positif pada pembentukan karakter islami peserta didik seperti terbentuknya karakter bertanggung jawab, tidak sombong, suka bersedekah, lemah lembut, jujur, pandai bersyukur, amanah, ikhlas, dan suka berbuat baik pada orang lain. Faktor pendukungnya yaitu media pembelajaran yang sesuai dan memadai, motivasi belajar peserta didik, metode yang menyenangkan, dan pendidik yang memiliki pemahaman yang benar tentang Asma’ul Husna. Adapun faktor penghambatnya yaitu kesulitan dalam mengelola atau mengatur perilaku peserta didik yang tidak kooperatif serta adanya perbedaan kecepatan belajar dan kemampuan kognitif peserta didik dalam memahami materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 26 Sep 2025 07:03
Last Modified: 26 Sep 2025 07:03
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4865

Actions (login required)

View Item
View Item