Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Nasabah Melakukan Deposito Mudharabah pada Bank Syariah Cabang Palu

Ivan, Moh (2022) Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Nasabah Melakukan Deposito Mudharabah pada Bank Syariah Cabang Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of MOH. IVAN.pdf] Text
MOH. IVAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Nasabah Melakukan Deposito Mudharabah pada Bank Syariah Cabang Palu. Penelitian ini memiliki 2 variable independen yaitu kualitas pelayanan dan promosi serta 1 variable dependen yaitu melakukan deposito mudharabah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh terhadap nasabah melakukan deposito mudharabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang melakukan deposito mudharabah bank syariah cabang Palu yang berjumalah 115 nasabah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling sebanyak 53 nasabah. Dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan kuesioner. Adapun Teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil olahan statistik yang dibantu dengan program SPSS 21 For Windows, menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan (X1) diperoleh nilai Thitung 3,495 > Ttabel 1,674 dan memiliki nilai signifikan (sig) 0.001 pada tabel coefficients dengan nilai α (tingkat signifikan) 0,05. Artinya 0.001 < 0,05, dengan nilai ini memberikan makna bahwa variable kualitas pelayanan (X1) memberikan pengaruh secara signifikan terhadap nasabah melakuan deposito (Y). Adapun besaran pengaruhnya dapat dilihat pada kolom Beta. Besaran pengaruh variabel (X1) terhadap variabel (Y) yaitu 0,260 atau 26,0%. Promosi (X2) diperoleh nilai Thitung 8,240 < Ttabel 1,674 dan memiliki nilai signifikan (sig) 0,000 pada tabel coefficients dengan nilai α (tingkat signifikan) 0,05. Artinya 0.000 > 0,05, dengan nilai ini memberikan makna bahwa variable promosi (X2) memberikan pengaruh secara signifikan terhadap nasabah melakuan deposito (Y). Adapun besaran pengaruhnya dapat dilihat pada kolom Beta. Besaran pengaruh variabel (X2) terhadap variabel (Y) yaitu 0,610 atau 61,0%. Saran dari penulis yaitu Penelitan ini hanya terbatas pada responden yang berjumlah 53 orang responden yang dirasa masih terlalu kecil dibandingkan dengan jumlah nasabah yang ada di berbagai bank syariah cabang Palu sehingga belum dapat terlihat secara jelas perbedaan faktor dari nasabah melakuan deposito mudharabah, hal ini disebabkan karena keterbatasan waktu dalam pengambilan data. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah sampel dan memilih lokasi / tempat penelitian lain supaya jangkauan penelitian dapat lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Economy & Business
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Abu Bakri
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:53
Last Modified: 11 Aug 2025 06:53
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4881

Actions (login required)

View Item
View Item