Ramadhan, Syahru (2022) Nilai-Nilai Filsafat Bisnis Dalam Buku Chairul Tanjung Si Anak Singkong. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SYAHRU.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SYAHRU.pdf
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang nilai-nilai filsafat bisnis dalam buku Chairul Tanjung si anak singkong, Bagaimana seorang anak dari keluarga yang serba kekurangan menjadi orang yang di perhitungkan/orang terkaya di Indonesia, bagaimana ia membangun kerajaan bisnisnya dari tidak ada menjadi ada. bagaimana filsafat bisnis Chairul Tanjung dalam menghadapi masalah serta membangun bisnisnya hingga seperti sekarang. adapun pokok permasalahan dari pembahasan ini yaitu: bagaimana konsep bisnis dalam filsafat ?, apa saja nilai-nilai filsafat bisnis dalam buku Chairul Tanjung si anak singkong ? Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), penelitian ini bersifat deskriptif analitis, teknik pengumpulan data melalui buku, artikel, jurnal, skripsi, kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif bersifat induktif. Hasil dalam pembahasan ini mengenai persoalan Filsafat bisnis bisa juga dipahami sebagai system motivasi atau prinsip-prinsip dasar yang berfungsi sebagai dasar untuk keyakinan atau tindakan seseorang, kelompok serta sebuah perusahaan. Semua orang sukses di dunia ini pasti memiliki filosofi atau pandangan dunia nya sendiri tanpa terkecuali. filosofi atau pandangan dunia ini bisa datang dari mana saja, menginspirasi seseorang, lalu kemudian ia jadikan dasar berfikir, bertindak dan mengambil keputusan. Itulah yang di maksud dengan filsafat. Sebagai contoh, pada sosok pengusaha sukses Indonesia Chairul Tanjung si anak singkong dalam menerapkan filsafat bisnisnya ia menekankan pada nilai-nilai seperti ; Kejujuran. Kepercayaan, Tanggung Jawab, Kedisiplinan, Jaringan/Komunikatif dan lain sebagainya untuk sukses dalam membangun kerajaan bisnisnya hingga sekarang. Konsep dasar filsafat bisnis yang dimana di dalamnya memuat segala bentuk kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan untuk merubah hidupnya menjadi lebih baik lagi, maka dari itu manusia harus melakukan sebuah upaya atau usaha agar dapat memenuhi kebutuhannya secara mandiri dengan cara berbisnis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab & dakwah > Akidah Filsafat Islam |
Depositing User: | Abu Bakri |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:13 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:13 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4889 |