Ichsan, Ichsan (2025) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Haji dan Umrah Pada PT Babussalam Citra Mandiri. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI ICHSAN 205120191.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ICHSAN 205120191.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah jamaah haji dan umrah pada PT Babussalam Citra Mandiri. Ibadah haji merupkan kewajiban bagi setiap muslim yang memenuhi syarat istitha’ah, baik secara finansial, fisik, maupun mental. Meskipun hanya dilaksanakan sekali seumur hidup. Ibadah umrah merupakan ibadah yang dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan memenuhi rukun umrah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan fokus pemahaman mendalam terhadap strategi pemasaran yang diterapkan. Data dikumpulkan melalui wawancraa semi-terstruktur dengan para narasumber dan analisis dokumen terkait strategi pemasaran yang telah dilakukan. Hasil analisis yang telah dilakukan peneliti tentang Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Haji dan Umrah Pada PT Babussalam Citra Mandiri, diperoleh kesimpulan bahwa PT Babussalam Citra Mandiri menggunkan strategi pemasaran STP (segmengtasi, targeting, dan positioning) yaitu segmentasi yang dilakukan oleh PT Babussalam Citra Mandiri menggunakan beberapa dasar, diantaranya yaitu segmentasi geografis, segmentasi demografis, segmentasi psikografis, dan segmentasi perilaku. Targeting, target pasar yaitu menggunakan strategi penetapan sasaran terkonsentrasi yaitu konsumen dengan tingkat perekonomian menengah keatasa. Dan Positioning yang dilakukan adalah dengan mempertahankan citra merk agar selalu ada dibenak konsumen dan mendapatkan tempat tertinggi dibandingkan dengan travel yang lainnya. Bauran pemasaran (marketing mix) 4P yaitu Product (Produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi). Semua strategi ini sudah diterapkan oleh PT Babussalam Citra Mandiri Palu. Strategi yang paling berperan penting adalah strategi harga, dimana harga yang ditawarkan lebih terjangkau daripada travel lainnya. Dengan menggunakan strategi itu PT Babussalam Citra Mandiri Palu dapat meningkatkan jumlah jamaah untuk menggunakan layanan jasa untuk melakukan perjalanan ibadah haji dan umrah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Economy & Business > Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Abu Bakri |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 05:34 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 05:34 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4920 |