Analisi Pengaruh Keterlibatan Orang Dan Peran Pihak Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SDN No 44 Hulonthalangi Kota Gorontalo

Usman, Ade Moh Rifay (2025) Analisi Pengaruh Keterlibatan Orang Dan Peran Pihak Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SDN No 44 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Skripsi rifay fix.pdf] Text
Skripsi rifay fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI di SDN No 44 Hulonthalangi yang berjumlah 66 orang, dengan sampel yang diambil melalui teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner skala likert, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan program SPSS Versi 26 dengan model analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil uji regresi linear berganda, diperoleh Y = 17.298 + 0.377 X1 + 0.438 X2. Hasil uji t diperoleh nilai signifikansi variabel keterlibatan orang tua adalah sebesar 4.392 > 1.998. Dan nilai signifikansi variabel pihak sekolah sebesar 5,305 > 1,998. Hal ini menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua dan
pihak sekolah secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SDN No 44 Hulonthalangi Kota Gorontalo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:01
Last Modified: 01 Oct 2025 03:01
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4942

Actions (login required)

View Item
View Item