Aslam, Aslam (2025) Optimalisasi Pembelajaran Muhādaṡah Melalui Kitab Durūs Al Lughah Al-Arabiyyah Kelas VIII Putra SMP Integral Rahmatullah Toli-toli. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of ASLAMPBA.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ASLAMPBA.pdf
Download (5MB)
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa upaya yang dilakukan oleh guru dalam memaksimalkan pembelajaran muhādaṡah yaitu memberikan beberapa tahapan latihan untuk mengasah keterampilan peserta didik yaitu asosiasi, indentifikasi, latiahan pola, dan latihan percakapan. Adapun metode yang digunakan oleh guru dalam mengoptimalkan pembelajaran bahasa Arab khususnya pembelajaran Muhādaṡah yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode tanya jawab dan metode hafalan. Penggunaan kitab durūs al aughah al-arabiyyah digunakan sebeb sebelumnya pembelajaranya mempunyai berbagai macam sumber yang menimbulkan ketidaksesuaian sehingga tidak berjalan dengan maksimal. Adapun hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran muhādaṡah dengan menggunakan kitab durūs al Lughah al-arabiyyah yang terdiri dari tiga faktor utama waktu pembelajaran yang terbatas, motivasi atau minat belajar siswa yang kurang, serta faktor lingkungan yang kurang mendukung. Berdasarkan hambatan tersebut guru membuat kegiatan belajar tambahan yang disebut halaqah arabiyyah yang bertujuan untuk memkasimalkan waktu pembelajaran yang terbatas serta agar dapat memperdalam pembelajaran muhādaṡah dengan terus mengulan- ulang materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:02 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:02 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4943 |