Strategi Guru IPS Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Peserta Didik di SMP Negeri 3 Galang Kabupaten ToliToli

Munira, Munira (2025) Strategi Guru IPS Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Peserta Didik di SMP Negeri 3 Galang Kabupaten ToliToli. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI MUNIRA.pdf] Text
SKRIPSI MUNIRA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru sebagai pembimbing, melakukan aktivitas seperti membaca berita singkat atau artikel ringan mengenai isu-isu sosial yang sedang populer, peserta didik tidak hanya berlatih membaca, tetapi juga memahami inti dari informasi, mengenali pihak yang terlibat, dan menganalisis efek dari suatu peristiwa. Guru IPS sebagai motivator dalam meningkatkan minat dan keterampilan literasi peserta didik, berupaya menciptakan lingkungan sekolah yang kaya akan literasi dengan berbagai inisiatif konkret dan secara tidak langsung memotivasi peserta didik untuk lebih rutin dan antusias melakukan aktivitas membaca. Sebagai educator guru IPS berkontribusi dengan menyediakan akses terbuka ke perpustakaan, memotivasi peserta didik untuk melakukan aktivitas literasi di luar jam pelajaran, serta berkolaborasi dengan pihak sekolah dalam meningkatkan fasilitas dan media pembelajaran. (2) Pendukung penelitian ini, lingkungan sekolah yang nyaman dan mendukung serta fasilitas belajar yang memadai merupakan faktor pendukung penting dalam menciptakan suasana yang kondusif bagi pengembangan keterampilan literasi. Ketidakcocokan buku dengan minat dan jenjang usia peserta didik menyebabkan peserta didik kesulitan menemukan bacaan yang menarik dan relevan, sehingga menghambat motivasi dan kemampuan mereka dalam membaca serta meningkatkan literasi secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 01 Oct 2025 05:35
Last Modified: 01 Oct 2025 05:35
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4962

Actions (login required)

View Item
View Item