Sulfiani, Putri (2025) Peran Lingkungan Sekolah Dalam Membentuk Kematangan Emosional Siswa di SMP Negeri 9 Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI PUTRI SULFIANI.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PUTRI SULFIANI.pdf
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa lingkungan sekolah berperan penting dalam membentuk kematangan emosional siswa. Peran tersebut terlihat dalam lima aspek kecerdasan emosional, yaitu: (a) self-regulation melalui penerapan aturan disiplin dan sistem rolling seat, (b) motivation yang ditumbuhkan melalui teladan dan pendekatan persuasif guru, (c) empathy yang dikembangkan lewat kerja kelompok dan pembiasaan saling menghargai, (d) social skills yang ditingkatkan melalui diskusi, pemecahan masalah, dan proyek bersama, serta (e) self-awareness yang diasah melalui komunikasi guru dengan siswa mengenai kondisi emosional mereka. Hambatan yang ditemui antara lain perbedaan karakter siswa, pengaruh lingkungan keluarga, kendala dalam pengelolaan kelas, serta keterbatasan waktu guru akibat padatnya kurikulum
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 02:33 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 02:33 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4963 |