Yudianto, Ahmad (2020) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII B di MTs Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo Kab. Sigi. Diploma thesis, IAIN Palu.
![[thumbnail of AHMAD YUDIANTO.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AHMAD YUDIANTO.pdf
Download (2MB)
Abstract
Hasil penelitian Tesis ini ini menunjukkan bahwa proses implementasi model pembelajaran kooperatif tipe group investagation pada mata pelajaran fikih kelas VIII B di MTs Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo yakni; guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen, guru menjelaskan maksud
pembelajaran dan tugas kelompok, guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain, Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada
secara kooperatif berisi penemuan, setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok, guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberikan kesimpulan, evaluasi, dan penutup. Sedangkan hasil sebelum implementasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terdapat 20 peserta didik bahwa, kegiatan partisipasi tergolong rendah melihat dari peserta didik, menyusun hanya 7 orang, menanggapi (bertanya dan
menjawab) hanya 5 orang dan menerima dalam penjelasan guru hanya 10 orang. Sedangkan implementasi setelahnya mengalami peningkatan yang signifikan, terdapat 20 peserta didik, interaksi menyusun 19 orang, menanggapi (bertanya dan
menjawab) 14 orang, dan menerima dalam penjelasan guru 14 orang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Post Graduate > Magister Islamic Education |
Depositing User: | Abu Bakri |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:26 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:26 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4982 |