Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah DDI Ujuna Palu

Indayani, Indayani (2022) Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah DDI Ujuna Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of INDAYANI.pdf] Text
INDAYANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Implementasi Blended Learning dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah DDI Ujuna Palu. Rumusan masalah yang di kaji dalam skripsi ini yaitu bagaimana implementasi blended learning dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah DDI Ujuna Palu? dan implikasi blended learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah DDI ujuna Palu? Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan gabungan model pembelajaran Offline dan Online (Blended Learning) dilakukan sesuai dngan kesepakatan guru dan peserta didik yang bersangkutan. Prinsipnya adalah kemudahan, tidak menyulitkan pendidik maupun peserta didik dalam mengakses pembelajaran. Penerapan gabungan model pembelajaran offline dan online (blended learning) yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah DDI Ujuna Palu pada saat pembelajaran Online menggunakan aplikasi Google ClassRoom dan WhatsApp. Aplikasi yang digunakan pada setiap mata pelajaran berbeda-beda, ada yang hanya menggunakan salah satunya, dan ada pula yang menggunakan keduanya. Dan khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah menggunakan keduanya yaitu Google ClassRoom dan WhatsApp.Adapun hasil belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah DDI Ujuna Palu belum sepenuhnya tercapai secara maksimal karena proses pembelajarannya belum berjalan secara normal. Implikasi blended learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak adalah kurangnya minat peserta didik dalam belajar disebabkan karena proses belajar mengajar tidak berjalan secara normal seperti biasanya. Akan tetapi proses pembelajaran Akidah Akhlak dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan berbagai strategi, model dan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abu Bakri
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:15
Last Modified: 26 Sep 2025 08:15
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4993

Actions (login required)

View Item
View Item