H.K, Andi Tenri Dewi Yuliasari (2022) Pemberian Potongan Harga Dengan Penggunaan Kartu Member Ponta Dalam Transaksi Jual Beli Di Alfamidi Wr. Supratman, Palu Barat (Perspektif Ekonomi Islam). Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of ANDI TENRI DEWI YULIASARI HK.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANDI TENRI DEWI YULIASARI HK.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, serta sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan teknik pengecekan keabsahan data yaitu dengan metode tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mekanisme pemberian potongan harga dengan penggunaan kartu member Ponta dalam transaksi jual beli di Alfamidi Wr. Supratman, Palu Barat dapat dilakukan dengan melalui 2 tahapan proses yaitu, pertama dengan mendaftarkan diri sebagai anggota atau member Ponta pada kasir Alfamidi dengan cukup membawa kartu identitas diri dan juga mempunyai nomor handphone yang aktif, tahapan kedua adalah dengan sering melakukan transaksi pembelian di Alfamidi agar mendapatkan poin poin untuk ditukarkan sebagai promo pemotongan harga ataupun tebus murah. Pemberian potongan harga dengan penggunaan kartu member Ponta juga berlaku digerai Alfamidi lainnya. Dalam penelitian ini, promo penjualan / potongan harga yang berkaitan dengan perspektif ekonomi Islam di tinjau dari 4 prinsip ekonomi Islam, yaitu prinsip suka sama suka yang implementasinya adalah tidak adanya paksaan dalam pembuatan kartu member Ponta dan pembelian produk dapat disimupulkan bahwa konsumen dan pihak Alfamidi telah menerapkan prinsip tersebut, prinsip kedua yaitu prinsip transparansi/ kejujuran, implementasinya pada Alfamidi yaitu dengan memberikan informasi yang benar kepada konsumen seperti dengan informasi tentang promo yang berlaku, harga yang berubah sehingga prinsip transparansi/ kejujuran telah diterapkan oleh pihak Alfamidi dan konsumenpun nyaman, prinsip ketiga yaitu prinsip keadilan yang pada penerapannya di Alfamidi seperti tidak membedakan pelayanan terhadap konsumen manapun baik pengguna kartu member Ponta maupun non member, prinsip keempat adalah prinsip tepat janji implementasinya pada Alfamidi pada konsumen adalah dengan memberikan hadiah ataupun potongan harga dan poin pada konsumen sesuai dengan informasi promo yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Economy & Business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Abu Bakri |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 02:48 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 02:48 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5023 |