Pengaruh Gaya Hidup, Situasi Ekonomi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Pada Mahasiswa UIN Datokarama Palu

B, Della (2022) Pengaruh Gaya Hidup, Situasi Ekonomi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Pada Mahasiswa UIN Datokarama Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of DELLA B.pdf] Text
DELLA B.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh gaya hidup, situasi ekonomi dan kualitas produk baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian laptop pada mahasiswa UIN Datokarama Palu. Penelitian ini menggunakan metode verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan 98 responden dengan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Accidental Sampling, Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner dan menggunakan alat analisis data meliputi analisis deskriptif, uji validitas dan realibiltas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel gaya hidup berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (4.045 < 1,985) dan nilai koefisien regresi variabel gaya hidup ini mengalami peningkatan keputusan pembelian sebesar 18,5%. Variabel situasi ekonomi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (3.472 < 1,985) dan nilai koefisien regresi variabel situasi ekonomi ini mengalami peningkatan keputusan pembelian sebesar 26,9%. Variabel kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (4.430 < 1,985) dan nilai koefisien regresi variabel kualitas produk ini mengalami peningkatan keputusan pembelian sebesar 20,5%. Berdasarkan hasil uji simultan, dapat diketahui bahwa gaya hidup, situasi ekonomi dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian laptop, dibuktikan dengan nilai fhitung > ftabel (35,022 > 2,700) dan nilai R Square sebesar 51,3% menunjukkan sumbangan pengaruh gaya hidup, situasi ekonomi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sedangkan sisanya sebesar 48,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Economy & Business
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abu Bakri
Date Deposited: 02 Oct 2025 04:06
Last Modified: 02 Oct 2025 04:06
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5035

Actions (login required)

View Item
View Item