Kegiatan Ekstakurikuler Keagamaan Peserta Didik Pecinta Mushollah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Parigi Kab. Parigi Moutong

Sari, Dinda (2022) Kegiatan Ekstakurikuler Keagamaan Peserta Didik Pecinta Mushollah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Parigi Kab. Parigi Moutong. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of DINDA SARI_181010016_Pendidikan Agama Islam.pdf] Text
DINDA SARI_181010016_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kegiatan ekstrakurikuler keagamaan peserta didik pecinta Mushollah dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Parigi. Fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana bentuk kegiatan ekstrakurikuler keagamaan peserta didik pecinta Mushollah di SMA Negeri 1 Parigi? 2) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler peserta didik pecinta Mushollah dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Parigi?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Parigi Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer maupun data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui metode kredibilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan terdiri dari kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. 2) Hasil belajar yang didapatkan oleh peserta didik yang tergabung dalam Peserta Didik Pecinta Mushallah tidak hanya pada ranah kognitifnya, akan tetapi juga berpengaruh pada ranah afektif dan psikomotoriknya. Saat di kelas, peserta didik cenderung aktif berdiskusi dan saat di luar kelas, peserta didik begitu antusias dalam menjalankan nilai-nilai spritual dan sosial. Adapun prestasi belajar yang diperoleh peserta didik terdapat pada nilai rapornya yang mendapatkan nilai yang memuaskan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam serta terdapat perubahan sifat dan tingkah laku peserta didik saat di dalam maupun di luar kelas. Implikasi penelitian adalah sebaiknya bagi pihak sekolah, adanya estimasi dana khusus yang disediakan untuk kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Bagi pihak guru, tetap menjalin hubungan yang baik antar sesama guru. Bagi peserta didik, diharapkan agar tetap menjaga dan menjunjung tinggi semangat dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Bagi penulis berikutnya, penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk melaksanakan penelitian lanjutan sehingga hasil yang diperoleh dapat berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abu Bakri
Date Deposited: 02 Oct 2025 04:11
Last Modified: 02 Oct 2025 04:11
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5038

Actions (login required)

View Item
View Item