Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Batu Bata Indah House)

Abdullah, Fahmi (2022) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Batu Bata Indah House). Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of FAHMI ABDULLAH.pdf] Text
FAHMI ABDULLAH.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang "Analisis Strategi Usaha Dalam Meningkat Pendapatan Usaha Perpekstif Etika Bisnis Islam (Studi Batu Bata Indah House)" dengan rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh usaha Batu Bata Indah House dalam meningkatkan pendapatan usaha? 2) Bagaimana implemnetasi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan usaha Batu Bata Indah House perskpektif ekonomi Islam? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriftif. Dengan memilih lokasi di Jl. Batu Bata Indah No.17, Tatura Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan sekunder yang relevan dengan masalah yang diteliti, tehnik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta verifikasi data . Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dan jasa yang diberikan tidak diragukan lagi dan dapat memuaskan konsumennya sehingga masih tetap eksis sampai saat ini. Strategi pemasaran yang dilakukan Batu Bata Indah Home adalah dengan menerapkan 4 P (Produk, Price, Palce, Promotion) serta memberikan pelayani yang baik sehingga sesuai dengan permintaan pelangaan. Batu Bata Indah Home dalam melakukan kegiatan usahanya selalu berusaha menetapkan prinsip prinsip ditinjau dari ekonomi Islam yaitu antaranya adalah prinsip efisiensi, prinsip kebebasan, prinsip kerjasama, prinsip persaigan, prinsip keseimbangan dan prinsip solidaritas. Batu Bata Indah House agar dalam menjalankan strategi pemasarannya harus lebih baik lagi kedepannya agar pelanggan mereka merasa lebih puas dengan pelayaan yang mereka berikan sehingga jumlah pelanggan dan masyarakat yang membutuhkan usaha jasanya meningkat dan Batu Bata Indah House juga dapat terus bertahan, berkembang lebih maju dan pesat kedepannya, serta Kepada Batu Bata Indah House agar teteap menjalankan tugas dan pelayanan dengan baik yang sesuai dengan syariat Islam dan lebih mengedepankan prinsip- prinsip ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Economy & Business
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abu Bakri
Date Deposited: 02 Oct 2025 04:15
Last Modified: 02 Oct 2025 04:15
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5040

Actions (login required)

View Item
View Item