Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Al Khairaat Ampibabo Kab Parigi Moutong

Fardiyansyah, Fardiyansyah (2022) Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Al Khairaat Ampibabo Kab Parigi Moutong. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of FARDIYANSYAH.pdf] Text
FARDIYANSYAH.pdf

Download (14MB)

Abstract

Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Al-khairaat Ampibabo Kab Parigi Moutong. Berkenaan dengan hal tersebut, maka uraian Skripsi ini berangkat dari rumusan masalah: Bagaimana strategi yang digunakan guru Bahasa Arab dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di madrasah Aliyah Al khairaat Ampibabo Kab Parigi Moutong?, kemudian Apa problematika pembelajaran Bahasa Arab selama proses pembelajaran jarak jauh yang dilakukan di Madrasah Aliyah Al khairaat Ampibabo Kab Parigi Moutong?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Beberapa langkah-langkah penerapan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Bahasa Arab antara lain; peserta didik terlebih dahulu diarahkan untuk membuat media pembelajaran grub Facebook, lalu guru membagikan materi mata pelajaran bahasa Arab, guru mengarahkan peserta didik untuk melihat materi berbentuk video yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Arab di media Youtube, peserta didik dibuatkan modul pembelajaran yang berisi tugas-tugas untuk dikerjakan. Adapun problematika guru Bahasa Arab dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 yaitu, (1) Kurangnya media pembelajaran yang dimiliki sebagian peserta didik selama pembelajaran jarak jauh. (2) Sebagian peserta didik belum tahu membaca al Qur’an sehingga sulit memahami pelajaran Bahasa Arab. (3) Kurangnya penguasaan media pembelajaran jarak jauh sehingga monoton pada satu media saja. Implikasi dalam penelitiam ini: Mengarahkan kepada suatu jenis strategi pembelajaran jarak jauh agar yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran dapat menguasai media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran jarak jauh. Selain itu Guru Bahasa Arab juga dituntut untuk menjalankan program yang ada di madrasah untuk membina sebagian peserta didik yang belum tahu membaca al Qur’an bekerja sama dengan guru mata pelajaran Qur’an Hadist, tujuan yang hendak dicapai dalam strategi yang diterapkan, agar dapat menguasai tegnologi dan membuat peserta didik dapat memahami pelajaran Bahasa Arab dengan bermodalkan bisa membaca al Qur’an, karna, Bahasa Arab adalah Bahasa al Qur’an sebagaimana yang diketahui secara umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Abu Bakri
Date Deposited: 02 Oct 2025 04:18
Last Modified: 02 Oct 2025 04:18
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5042

Actions (login required)

View Item
View Item