Setiawati, Sulis (2025) Strategi Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Menghafal Al-Qur’an di MTs Negeri 2 Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of DOC-20250903-WA0011..pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DOC-20250903-WA0011..pdf
Download (3MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi dalam meningkatkan minat peserta didik menghafal Al-Qur’an, antara lain melalui penerapan metode wahdah (mengulang-ulang bacaan secara lisan hingga hafal), metode kitabah (menghafal melalui penulisan ayat), serta gabungan antara metode wahdah dan kitabah untuk memperkuat daya ingat dan pemahaman peserta didik. Strategi tersebut dipadukan dengan pendekatan yang memotivasi, seperti pembiasaan harian, pemberian reward, dan perhatian personal kepada
peserta didik. Faktor pendukung strategi ini antara lain dukungan dari pihak sekolah dan guru, pembiasaan menghafal Al-Qur’an, adayanya wisudah tahfidz dan reward dan dukungan orang tua. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya focus peserta didik, lingkungan pesesrta didik, dan kemampuan menghafal masih rendah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:29 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:29 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5106 |