Alidrus, Husen Muhammad (2025) Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Yaspia Wani Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of HUSEN MUHAMMAD ALIDRUS.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HUSEN MUHAMMAD ALIDRUS.pdf
Download (5MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Manajemen Pemasaran Madrasah Dalam Meningkatkan Minat Peserta didik Di Madrasah Aliyah Yaspia Wani Dua,menjawab rumusan masalah yaitu, (1) manajemen pemasaran meningkatkan minat peserta didik di Madrasah Aliyah Yaspia Wani Dua telah diimplementasikan manajemen pemasaran di madrasah ini, mengaplikasikan prinsip POAC (Planning, Organizing, actuating, dan controlling) secara terstruktur. Perencanaan, Madrasah menyusun strategi promosi seperti membuat brosur dan memanfaatkan media sosial untuk menarik minat calon peserta didik. pengorganisasian, Madrasah membentuk tim
pemasaran yang terdiri dari guru dan staf untuk menjalankan rencana yang sudah dibuat. Pelaksanaan, Madrasah Melaksanakan Kegiatan promosi melalui berbagai saluran, baik offline (seperti penyebaran brosur) maupun online (melalui media sosial). Evaluasi, Madrasah melakukan evaluasi terhadap hasil promosi dengan melihat jumlah pendaftar, respon masyarakat, dan perbaikan strategi untuk ke depannya. (2) Adapun strategi Kepala madrasah telah merancang berbagai strategi untuk meningkatkan minat peserta didik baru,
termasuk perencanaan yang matang dan kolaborasi antara seluruh stakeholder. Meskipun telah ada upaya untuk memanfaatkan media sosial dan brosur sebagai sarana promosi, implementasi strategi pemasaran masih terbatas. Konten yang
disajikan di media sosial lebih banyak berisi pengumuman rutin dan kurang menonjolkan keunggulan madrasah, sehingga tidak efektif dalam menarik perhatian calon peserta didik.
Implikasi yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Agar kepala Madrasah lebih mengoptimalkan adanya perbaikan dalam strategi pemasaran, pengelolaan konten promosi serta pengembangan sarana dan prasarana, dan membangun kaloborasi stekholder guru,Peserta didik orang tua yang lebih baik,
(2) Agar tenaga pendidik lebih meningkatkan tingkat pemahaman dan literasi mengenai Manajemen pemasaran pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:36 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 03:36 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5115 |