Peran Wali Kelas Dalam Pembelajaran Dan Pembentukan Perilaku Peserta Didik Di SDN Tosale kabupaten Donggala

Murifa, Murifa (2021) Peran Wali Kelas Dalam Pembelajaran Dan Pembentukan Perilaku Peserta Didik Di SDN Tosale kabupaten Donggala. Diploma thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of MURIFA.pdf] Text
MURIFA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran Wali Kelas Dalam Pembelajaran dan Pembentukan Perilaku Peserta Didik Di SDN Tosale Kabupaten Donggala. Rumusan masalahnya adalah sebagai berikut : pertama, bagaimana peran wali kelas dalam pembentukan perilaku peserta didik di SDN Tosale Kabupaten Donggala. Kedua, apa yang menjadi kendala dan upaya wali kelas dalam pembelajaran dan membentuk perilaku peserta didik di SDN Tosale Kabupaten Donggala. Penelitian ini menngunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa “Peran Wali Kelas Dalam Pembentukan Perilaku Peserta Didik Di SDN Tosale Kabupaten Donggala” yaitu wali kelas memiliki tugas tambahan dimana menambahkan sikap jujur, disiplin, dan tanggung jawab dalam meningkatkan pembelajaran dan pembentukan perilaku peserta didik di SDN Tosale Kabupaten Donggala. Kemajemukan karakter siswa, sehingga perlu pendekatan personal untuk mengarahkan siswa yang berkarakter keras, individualitas, dan mau menang sendiri demi tercapainya kekompakan siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bagi wali kelas SDN Tosale Kabupaten Donggala hendaknya lebih meningkatkan lagi perhatian kepada peserta didik agar mereka tidak merasa diabaikan oleh wali kelasnya dan juga agar terjalin kerja sama antara peserta didik dan wali kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 09 Oct 2025 04:17
Last Modified: 09 Oct 2025 04:17
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5132

Actions (login required)

View Item
View Item