:Efektivitas Metode Hybrid Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Alkhairaat Wosu Kec. Bungku Barat Kab.Morowali

Nabila, Nabila (2022) :Efektivitas Metode Hybrid Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Alkhairaat Wosu Kec. Bungku Barat Kab.Morowali. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of NABILA NIM 181010028.pdf] Text
NABILA NIM 181010028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya surat edaran dari pemerintah tentang ketentuan pelaksanaan pendidikan pada masa darurat pandemi yang mengatur adanya pembelajaran jarak jauh. Pada masa pandemi covid-19 khususnya pada era new normal hybrid learning hadir sebagai solusi ideal beragam persoalan yang terjadi di dunia pendidikan. MTs Alkhairaat wosu menjadi salah satu sekolah yang menerapkan metode ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peneliti untuk melakukan penelitian khususnya penerapan dan efektivitas dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik penelitian analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode hybrid learning pada pembelajaran fiqih dilaksanakan dengan mengkombinasikan antara sistem e learning dan sistem konvensional pada pembelajaran fiqih demi tercapainya tujuan pembelajaran, di mana peserta didik dibagi menjadi 2 shift. Aadapun efektivitas metode hybrid learing belum sepenuhnya efektif untuk digunakan.karena masih banyak peserta didik yang belum memahami tentag penggunaan metode hybrid learning pada pembelajaran fiqih dan pada saat proses pembelajaran dilakukan masih banyak peserta didik yang tidak aktif dalam pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh diharapkan guru sebagai pendidik di MTs Alkhairaat Wosu agar lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran yang berbasis online agar peserta didik lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran walaupun proses pembelajaran menggunakan hybrid learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 09 Oct 2025 04:23
Last Modified: 09 Oct 2025 04:23
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5134

Actions (login required)

View Item
View Item