Eksistensi Sekolah Bagi Pembentukan Kepribadian Belajar Peserta Didik Di MTs Al-Khairaat Kalukubula Kec.Sigi biromaru Kab.Sigi (Suatu Tinjauan Psikologi Islam)

Soalihat, Nur (2021) Eksistensi Sekolah Bagi Pembentukan Kepribadian Belajar Peserta Didik Di MTs Al-Khairaat Kalukubula Kec.Sigi biromaru Kab.Sigi (Suatu Tinjauan Psikologi Islam). Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of NURSO SKRIPSI (1).pdf] Text
NURSO SKRIPSI (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentangn “Eksistensi Sekolah bagi pembentukan kepribadian belajar peserta didik di MTs Alkhairaat Kalukubula Kec.sigi biromaru Kab. Sigi” dan masalah yang ada dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya sekolah dalam mebentuk kepribadian belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tehnik penelitian analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap peserta didik mempunyai kepribadian belajar yang berbeda-beda, sekolah mempunyai tanggung jawab serta melakukan upaya agar bisa membentuk kepribadian belajar peserta didik menjadi lebih baik. Masalah yang ada pada diri peserta didik yaitu kurangnya minat belajar. Sekolah mempunyai upaya atau strategi agar bisa membentuk karakter atau kepribadian belajar peserta didik, dengan melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan atau kegiatan ekstrakurikuler karena kegiatan tersebut juga mengandung nilai-nilai islami yang sangat berpengaruh pada karakter atau kepribadian peserta didik. Bukan hanya sekolah, guru juga memiliki peran penting dalam memebentuk karakter atau kepribadian peserta didik. Guru senantiasa berusaha untuk menimbulkan dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar. dalam hubungan ini guru sebagai motivator dalam keseluhuran kegiatan belajar mengajar. Adapun faktor penghambat yaitu kurangnya minat belajar serta kurangnya perhatian dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. dan sebagai faktor pendukung tersedianya fasilitas pembelajaran di sekolah seperti buku paket, wifi, dankomputer. Implikasi penulis kaitannya dengan penelitian ini yaitu hendaknya sekolah lebih kreatif dalam mengembangkan kemampuan peserta didik serta lebih memkasimalkan semua fasilitas pembelajaran kepada peserta didik agar minat belajar peserta didik lebih meningkat, Kemudian peserta didik juga harus lebih aktif dalam mengikuti kegiatan yang dilakukan sekolah..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 10 Oct 2025 05:40
Last Modified: 10 Oct 2025 05:40
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5148

Actions (login required)

View Item
View Item