Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik Terhadap Keterampilan Menulis Teks Bahasa Arab Di Kelas VII MTs Alkhairaat Donggulu Kab. Parigi Moutong

Dewi, Oktis Triana (2019) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik Terhadap Keterampilan Menulis Teks Bahasa Arab Di Kelas VII MTs Alkhairaat Donggulu Kab. Parigi Moutong. Diploma thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of oktis-triana-dewi.pdf] Text
oktis-triana-dewi.pdf

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang pendidikan merupakan hal yang berperan penting dalam jenjang pendidikan berikutnya khususnya dari segi pengalaman belajar peserta didik. Dalam pembelajaran bahasa Arab terdapat keterampilan/ maharah yang harus diketahui, salah satunya keterampilan menulis/ maharah al-kitabah. Latar belakang pendidikan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pembelajaran bahasa Arab khususnya pada keterampilan menulis karena sebagian dari peserta didik mempunyai latar belakang pendidikan yang berbasis madrasah, sehingga memudahkan mereka ketika memasuki jenjang pendidikan yang berbasis madrasah selanjutnya, dan terdapat juga peserta didik yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan berbasis madrasah sehingga mereka kesulitan dalam proses pembelajaran di jenjang pendidikan berikutnya yang berbasis madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa kuesioner dan tes untuk mengukur seberapa besar latar belakang pendidikan peserta didik digunakan untuk mengukur keterampilan menulis teks bahasa Arab. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas . sedangkan metode analisis data menggunakan regresi sederhana, uji hipotesis, dan uji asumsi klasik dengan sampel 49 peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa : ada pengaruh positif antara latar belakang pendidikan terhadap keterampilan menulis teks bahasa Arab, dan ditunjukkan oleh hasil perhitungan di mana (thitung = 5,996 > ttabel = 2,012) dan p-value (p= 0 < α = 0,005). Adapun koefisien determinan 43 % dan sisanya 57 % dipengaruhi oleh variabel lain yang bukan menjadi bahan penelitian ini. Kesimpulan : Latar belakang pendidikan peserta didik berpengaruh secara positif terhadap keterampilan menulis teks bahasa Arab, semakin tinggi latar belakang peserta didik maka semakin meningkat keterampilan menulis teks bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 10 Oct 2025 06:08
Last Modified: 10 Oct 2025 06:08
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5149

Actions (login required)

View Item
View Item