Saleh, Rafika A (2022) Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dalam Pembelajaran PAI kelas III di SDN 12 Momunu Kabupaten Buol. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of Rafika A. Saleh.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rafika A. Saleh.pdf
Download (4MB)
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan belajar saat pendidik menggunakan strategi pembelajaran yang biasa di gunakan di dalam kelas. Perlu diterapkanya strategi pembelajaran yang lebih aktif seperti strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ). Yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dalam pembelajaran PAI kelas III di SDN 12 Momunu Kabupaten Buol, dan apa saja kendala dan solusi mengatasi masalah saat melaksanakan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dalam pembelajaran PAI kelas III di SDN 12 Momunu Kabupaten Buol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Karena itu, dalam penelitian ini penulis memaparkan apa adanya sesuai dengan kondisi dilapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dalam pembelajaran PAI kelas III di SDN 12 Momunu yang dilakukan pendidik sangat optimal. Sebelum memulai pembelajaran pendidik telah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terdapat 3 tahapan kegiatan; (1)Kegiatan pembuka, pendidik mengucap salam dan menyapa peserta didik, kemudian meminta kepada peserta didik untuk berdoa. (2)Kegiatan inti, pendidik memberikan materi bacaan, setelah membaca peserta didik diminta untuk menyiapkan pertanyaan dan pendidik menjawab setiap pertanyaan yang di ajukan. (3)Kegiatan penutup, pendidik melakukan evaluasi, dan mengakhiri pembelajaran dengan nasehat, dan meminta peserta didik untuk berdoa setelah belajar). Ada 3 kendala, dalam proses pembelajaran yaitu; (1)Pengaruh lingkungan bermain, adapun solusi dalam mengatasinya adalah pendidik memberi hukuman hapalan surah-surah pendek. (2)Kesulitan peserta didik dalam mengungkapkan pendapatnya, adapun solusi yang diterapkan yaitu melatih peserta didik untuk berkomunikasi dengan teman-temannya. (3)Kesulitan peserta didik yang belum pandai membaca. Solusinya, pendidik membuka les tambahan agar peserta didik terus belajar membaca. Implikasi dari penelitian ini di tujukan kepada pendidik untuk lebih meningkatkan kemampuannya dalam menguasai berbagai macam strategi pembelajaran, mengolah suasana kelas menjadi lebih menyenangkan, melakukan pendekatan untuk mengetahui potensi kemampuan peserta didik, memberikan stimulus dengan cara memberikan penghargaan berupa tepuk tangan, atau hadiah agar peserta didik termotivasi untuk semangat dalam mengikuti pembelajaran. Kepada peserta didik, hendaklah memperhatikan apa yang di sampaikan oleh pendidik pada saat proses pembelajaran berlangsung, dan selalu besikap sopan dan santun terhadap pendidik karena pendidik merupakan orang tua peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah. 6
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 06:14 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 06:14 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5151 |