Katili, Rahmawati S (2022) Penerapan Multimedia Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VIII Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di MTs Negeri 2 Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of RAHMAWATI S. KATILI.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RAHMAWATI S. KATILI.pdf
Download (10MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang “Penerapan Multimedia dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VIII untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Mts Negeri 2 Kota Palu” dengan rumusan masalah 1. Bagaimana penerapan Multimedia melalui Materi Fiqih untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di Mts Negeri 2 Kota Palu. 2. Apakah Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Menerapkan Multimedia Melalui Materi Fiqih untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di Mts Negeri 2 Kota Palu. Penelitian ini pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Multimedia pada Pembelajaran Fiqih Kelas VIII untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di MTs Negeri 2 Kota Palu yaitu : Penerapan Multimedia pada Pembelajaran Fiqih digunakan dalam proses pembelajaran agar dapat mempermudah guru dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik, pada saat ini dalam masa pandemi covid-19 juga sangat membantu guru dalam memberikan bahan materi kepada peserta didik melalui beragam media yang di sediakan guru, dan penerapan multimedia pada pembelajaran fiqih dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sesuai tujuan pembelajaran, melalui penerapan multimedia dapat dilihat berkembangnya minat belajar peserta didik dan nilai yang dihasilkan melalui penerapan multimedia ini, cukup memuaskan karena sudah memperoleh nilai yang cukup baik sesuai dengan KKM 80 nilai sekolah. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan multimedia pada pembelajaran Fiqih untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah sarana dan prasarana sebagai faktor pendukung dan lingkungan sebagai faktor penghambat, proses penilaian hasil belajar peserta didik dilihat dari aktifitas belajar peserta didik jika tidak ada peningkatan maka guru berperan aktif dan kreatif dalam membantu peserta didik memenuhi proses penilaian hasil belajar. Peserta didik sangat nyaman dan mudah memahami dalam belajar dengan menerapkan multimedia karena guru berperan aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 06:18 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 06:18 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5153 |