Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Pemberian Reward dan Punishment pada Kelompok Bermain Fajar Indah di Desa Tobadak 1 Kabupaten Mamuju Tengah

Wahyuningtias, Reni (2023) Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Pemberian Reward dan Punishment pada Kelompok Bermain Fajar Indah di Desa Tobadak 1 Kabupaten Mamuju Tengah. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of RENI WAHYUNINGTIAS_181050028.pdf] Text
RENI WAHYUNINGTIAS_181050028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berkenaan dengan Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Pemberian Reward dan Punishment pada Kelompok Bermain Fajar Indah di Desa Tobadak 1 Kabupaten Mamuju Tengah dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana peran guru dalam menggunakan metode pemberian reward dan punishment dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada Kelompok Bermain Fajar Indah di Desa Tobadak 1 Kabupaten Majumu Tengah. 2) Apakah kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan metode pemberian reward dan punishment dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada Kelompok Bermain Fajar Indah di Desa Tobadak 1 Kabupaten Majumu Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, tehnik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, tehnik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Selanjutnya analisis lapangan yang dimaksud adalah bersifat induktif guna mengetauhi penelitian secara umum maupun secara khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a). Peran guru dalam menggunakan metode pemberian reward dan punishment dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada Kelompok Bermain Fajar Indah di Desa Tobadak I Kabupaten Majumu Tengah terbagi menjadi tiga: (1) guru berperan sebagai motivator yang memberikan dukungan peserta didik melalui metode pemberian reward dan punishment, (2) guru berperan sebagai pendidik yang mana dapat dilihat apabila peserta didik memiliki peningkatan dalam proses pembelajaran, (3) guru sebagai penasehat dapat dilihat apabila nasehat yang diberikan oleh guru dapat membuat motivasi belajar anak meningkat. Rumusan masalah kedua (b). Kelebihan dan kekurangan reward (dapat membuat peserta didik menjadi lebih positif dan progresif dalam pembelajaran dan umumnya membutuhkan alat tertentu yang memakan biaya), kelebihan dan kekurangan punishment (menjadikan kesalahan peserta didik sebagai perbaikan kedepannya dan akan mengakibatkan kerusuhan, takut dan percaya diri terhadap peserta didik). Implikasi penelitian pertama, Kepada kepala sekolah diharapkan lebih memperhatikan sarana dan prasarana khususnya meja dan kursi sebagai tempat belajar yang ada dikelas, Kepada guru diharapkan meningkatkan kualitas mengajarnya tentang bagaimana cara menggunakan metode pemberian reward dan punishment yang baik dan benar, serta senantiasa sabar dalam menghadapi peserta didiknya, dan Diharapkan para guru mengembangkan media pembelajaran yang bersifat menarik sehingga anak tidak merasa bosan pada saat proses pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 10 Oct 2025 06:25
Last Modified: 10 Oct 2025 06:25
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5155

Actions (login required)

View Item
View Item