Penerapan Metode Hiwār Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MIS DDI Nurul Hidayah Kecamatan Momunu Kabupaten Buol

Ishak, Sarah A (2022) Penerapan Metode Hiwār Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MIS DDI Nurul Hidayah Kecamatan Momunu Kabupaten Buol. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Sarah A. Ishak.pdf] Text
Sarah A. Ishak.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Hiwār dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIS DDI Nurul Hidayah Kecamatan Momunu Kabupaten Buol. Selanjutnya yang menjadi rumusan masalah adalah Bagaimana Proses Penerapan Metode Hiwār Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIS DDI Nurul Hidayah Kecamatan Momunu Kabupaten Buol. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan Metode Hiwār Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIS DDI Nurul Hidayah Kecamatan Momunu Kabupaten Buol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, karena itu dalam penelitian ini penulis memaparkan apa adanya sesuai dengan kondisi di lapangan, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan penerapan Metode Hiwār dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIS DDI Nurul Hidayah yang dilakukan pendidik. Dilihat dari sebelum pembelajaran berlangsung pendidik telah menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kemudian, saat proses pembelajaran berlangsung untuk menerapkan Metode Hiwār pendidik memulai pembelajaran dengan melakukan perkenalan dalam Bahasa Arab, kemudian menjelaskan arti kata yang terkandung didalamnya dan menuliskan setiap kosakata yang berkaitan dengan materi pembelajaran di papan tulis. Adapun faktor penghambat penerapan Metode ini yaitu, pertama; adalah mufradat atau kosakata peserta didik masih kurang. Kedua; peserta didik kurang percaya diri untuk mempraktikkan karena takut salah. Oleh karena itu, pendidik memberikan motivasi kepada peserta didik bahwa Bahasa Arab itu mudah untuk di pelajari. Berdasarkan pembahasan diatas, bahwa Metode yang digunakan oleh pendidik termasuk dalam contoh Hiwār Kitābi atau Ta’budῑ dimana pembelajaran selalu melahirkan percakapan antara pendidik dan peserta didik. Implikasi penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pendidik dalam menggunakan berbagai macam metode pembelajaran yang lebih menarik, pendidik juga memberikan motivasi kepada peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, pendidik hendaknya memberi penghargaan berupa tepuk tangan ketika peserta didik berani mengemukakan pendapatnya di hadapan peserta didik lainnya. Dan untuk peserta didik, hendaklah selalu memperhatikan apa yang disampaikan oleh pendidik pada saat pembelajaransedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 10 Oct 2025 07:12
Last Modified: 10 Oct 2025 07:12
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5164

Actions (login required)

View Item
View Item