Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Kearifan Lokal Masyarakat Di SD Negeri 17 Banawa

Selfianti, Nur (2022) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Kearifan Lokal Masyarakat Di SD Negeri 17 Banawa. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SELFI.pdf] Text
SELFI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Kearifan Lokal Masyarakat di SD Negeri 17 Banawa. Dengan mengangkat permasalahan. 1) Bagaimana tipe kepemimpinan kepala sekolah dalam melestarikan budaya kearifan lokal masyarakat di SD Negeri 17 Banawa. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam melestarikan budaya kearifan lokal masyarakat di SD Negeri 17 Banawa. Adapun metode penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif. Penelitian ini menggunakkan teknik pengumpulan data melalui observasi, kemudian melakukan wawancara untuk mendapatkan data yang akurat, dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakkan metode reduksi data dan verifikasi data. Dari hasil penelitian yang diperoleh peneliti bahwa, 1) Pemimpin atau kepala sekolah SD Negeri 17 Banawa menggunakan tipe kepemimpinan demokratis dalam kepemimpinannya. Hal ini dapat dilihat dari strategi yang digunakan oleh pemimpin dalam melestarikan budaya kearifan lokal masyarakat di SD Negeri 17 Banawa, dimana pemimpin selalu melibatkan semua aspek yang terkait dalam hal penetapan kebijakan dan juga melakukan evaluasi dalam rapat koordinasi terhadap kebijakan-kebijakan tersebut bersama dewan guru, staf tata usah, ketua komite, pengawas pembina ataupun orang tua peserta didik. 2) Adapun faktor pendukung yaitu pemimpin selalu menanamkan nilai budaya kearifan lokal di sekolah dan menerapkannya dalam pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya guru bidang studi yang ahli dibidangnya, minimnya sarana dan prasarana penunjang proses pengenalan dan pelestarian budaya kearifan lokal masyarakat kepada peserta didik. Implikasi penelitian. Dalam proses pelestarian budaya kearifan lokal masyarkat kepada peserta didik, ada beberapa langkah yang dilakukan oleh kepala sekolah antara lain mengeimplementasikan nilai-nilai budaya kearifan lokal kedalam pembelajaran dan menjadikannya sebagai mata pelajaran pengembangan diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 10 Oct 2025 07:17
Last Modified: 10 Oct 2025 07:17
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5166

Actions (login required)

View Item
View Item