Model Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Nunu Kota Palu

Safriyani, Siti (2020) Model Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Nunu Kota Palu. Diploma thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of SITI SAFRIYANI.pdf] Text
SITI SAFRIYANI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang model-model pembelajaran Akidah akhlak pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Nunu kota palu. Rumusan masalah yang kaji yaitu bagaimana model pembelajaran akidah akhlak pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Nunu kota palu dan kendala serta solusi model pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di madrasah ibtidaiyah muhammadiyah nunu kota palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi Covid-19 yaitu guru mendatangi rumah peserta didik untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan model pembelajaran Luring, dan model pembelajaran Daring guru kelas V membuat grup kelas agar dapat mempermudah menshare tugas-tugas kepada peserta didik tujuan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, waktu proses pembelajaran di masa pandemi ini hanya sekitar 1 jam dan menguras waktu tenaga dan biaya karena guru harus mengujungi dan menshare ke grup kelas. Adapun Solusinya yaitu menggunakan model pembelajaran Luring dan Daring serta partisipasi orang tua peserta didik dan guru memperbanyak inovasi, kreasi dan memberi motivasi kepada peserta didik selama proses pembelajaran dirumah pada masa pandemi Covid-19. Guru kelas V yang menjadi peenanggung jawab dalam proses pembelajaran ini dapat menguasai teknik mengajar, memperbanyak inovasi dan keterampilan agar peserta didik lebih semangat dalam menerima materi, proses belajar mengajar pada masa pandemi serta menerapkan media dan metode pembelajaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 10 Oct 2025 07:21
Last Modified: 10 Oct 2025 07:21
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5168

Actions (login required)

View Item
View Item