Ningsih, Irma Setia (2022) Penerapan Metode Wafa Di Taman Pendidikan Al-Hidayah Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI (IRMA) - Copy.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI (IRMA) - Copy.pdf
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini berkenaan dengan “Penerapan Metode Wafa Di Taman Pendidikan Al-Hidayah Palu “ dengan rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode wafa di taman pendidikan Al-Hidayah Palu? 2) Apakah dengan penerapan metode wafa dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di taman pendidikan Al-Hidayah Palu? Tujuan penelitian ini adalah :1) Untuk mengetahui penerapan metode wafa di taman pendidikan Al-Hidayah Palu.2) Untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode wafa dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di taman pendidikan Al-Hidayah Palu Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan terakhir pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Penerapan metode wafa pada pembelajaran Al-Qur’an di taman pendidikan Al-Hidayah Palu dengan cara baca tiru klasikal dan baca simak klasikal serta baca simak privat, proses pembelajaranya guru memerintahkan santri untuk membaca Al-Qur’an, kemudian guru mentalqinkan bacaan Al-Qur’an tersebut dan ditirukan oleh seluruh santri dengan menggunakan nada hijaz sebagai ketukan ayunan panjang pendeknya baca’an, baca simak klasikal satu orang membaca yang lain menyimak dan baca privat klasika santri membaca sendiri di hadapan guru .(2) Penerapan metode wafa dinyatakan berhasil karena sebagian besar santri dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Implikasi penelitian: penulis menyarankan pendidik harus selalu bersabar dan khusnudzon terhadap kemampuan santri. karena setiap santri memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam membaca Al-Qur’an, kemudian perlunya partisipasi orang tua yang sangat besar dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan mendorong dan memotivasi anak agar trus rajin mengaji.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 07:28 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 07:28 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5171 |