Arifuddin, Andi (2025) Peran Guru Pamong Dalam Meningkatkan Profesionalisme Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Berbasis Learning Management System (LMS) Di LPTK UIN Datokarama Palu. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
Disertasi Andi Arifuddin 2025.pdf
Download (11MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pamong dalam meningkatkan profesionalisme mahasiswa PPG berbasis Learning Manajement System (LMS) di LPTK UIN Datokarama Palu adalah pertama, berperan sebagai fasilitator, pembimbing, evaluator, konselor, dan teladan profesional. Kedua, guru pamong sebagai komunikator, ketiga, guru pamong juga mentor. Peningkatkan profesionalisme mahasiswa PPG melalui Learning Management System (LMS) sebagai indikator keberhasilan guru pamong di LPTK UIN Datokarama Palu, yaitu : Peningkatan pertama, kompetensi pedagogik, kedua, kompetensi kepribadian, ketiga, kompetensi sosial, keempat, kompetensi profesional. Peluang dan tantangan yang di hadapi oleh guru pamong dalam meningkatkan profesionalisme mahasiswa PPG berbasis Learning Management System (LMS) di UIN Datokarama Palu pertama, adanya integralisasi dari sistem kelembagaan,
Kedua, sebagai pembimbing pedagogis, penguji PPL dan UKIN, ketiga, menjadi mitra kolaboratif dalam penguatan kelembagaan akademik. Keempat, sebagai role model. Kelima, evaluator formatif. Keenam, sebagai inovator digital. Adapun
tantangan yang dihadapi, pertama, kendala konektivitas mahasiswa (daerah pelosok), kedua, manajemen waktu guru pamong, ketiga, tantangan koordinasi akademik lintas peran. Keempat, keterbatasan kompetensi digital dan digital
illiteracy mahasiswa. Kelima, guru pamong dilema etika profesional, Keenam,imbas partisipatif mahasiswa. Saran, replikasi penggunaan LMS PPG dapat diadopsi pada guru di lingkungan sekolah/madrasah
| Item Type: | Thesis (Doctoral) |
|---|---|
| Subjects: | Education > Education (General) |
| Divisions: | Post Graduate > Doctoral Islamic Education |
| Depositing User: | Akun Publik Repository |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 07:31 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 07:31 |
| URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5200 |
