Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran Di Kelas III SDN 1 Palu Kecamatan Palu Timur Kelurahan Lolu Utara

Lamba, Sri Tanti (2025) Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran Di Kelas III SDN 1 Palu Kecamatan Palu Timur Kelurahan Lolu Utara. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI  TANTI.pdf] Text
SKRIPSI TANTI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Karakteristik gaya belajar peserta didik kelas III SDN 1 Palu sangat beragam. Gaya belajar Visual merupakan yang paling dominan yaitu 12 peserta didik, diikuti oleh 8 peserta didik Auditori dan 5
peserta didik Kinestetik. Selain itu, terdapat pula 2 peserta didik dengan gaya Sosial dan 2 peserta didik Soliter. 2). Guru mengidentifikasi perbedaan gaya belajar peserta didik kelas III SDN 1 Palu yakni guru membagikan buku paket kepada setiap peserta didik lalu memperhatikan siapa yang suka membaca, siapa yang aktif bertanya, dan siapa yang butuh gerakan atau praktik langsung. Guru
juga memperhatikan peserta didik yang suka mengulang-ulang informasi atau yang lebih suka belajar sendiri. Dengan cara ini, guru jadi bisa tahu bagaimana setiap peserta didik belajar dengan baik. Setelah itu, guru memberikan respon
pada perbedaan gaya belajar peserta didik yakni menyesuaikan cara mengajarnya. Selain itu, guru juga membentuk kelompok belajar yang beragam gaya belajarnya supaya peserta didik bisa saling membantu dan lebih mudah paham. 3). Penerapan
strategi pembelajaran yang disesuaikan gaya belajar peserta didik sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran yaitu guru menyesuaikan cara mengajar dengan cara belajar peserta didik, ada yang suka melihat, mendengar, bergerak,
belajar sendiri, atau bersama teman. Terbukti meningkatkan efektivitas pembelajaran cara ini membuat peserta didik lebih semangat dan mudah paham. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan media dan kemampuan membaca yang belum merata, guru bisa mengatasinya dengan pendekatan daptif dan
responsif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 27 Oct 2025 04:08
Last Modified: 27 Oct 2025 04:09
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5232

Actions (login required)

View Item
View Item